Nama : I Wayan Juniarta
NIM :
II.I.I.I.I.453
Kelas : C2
(sore)
Tugas
Assesment Pendidikan
Pertanyaan:
1. Apa
peranan siswa dalam penilaian?
2. Apa
peranan sekolah (Satuan Pendidikan) dalam proses penilaian?
3. Usaha
apa yang harus di tempuh oleh seorang guru dalam memotivasi serta melakukan
penilaian terhadap siswa?
4. Jelaskan
maksud Reformasi dalam penilaian!
Jawaban:
1. Peranan siswa dalam penilaian
adalah sebagai obyek dari penilaian tersebut. Dimana di dalam melakukan suatu
penilaian, yang akan dinilai adalah siswa itu sendiri. Selain itu juga dengan
keikut sertaannya siswa tersebut dalam melakukan penilaian diri merupakan
sarana bagi guru untuk memberikan tanggung jawab kepada siswa untuk belajar
dari apa yang telah mereka kerjakan dan apa yang akan mereka kerjakan. Dengan
melakukan penilaian diri, maka siswa akan mampu melihat segala potensi yang ia
miliki, serta akan mampu menganalisis kelemahannya sendiri. Sehingga dengan
demikian siswa akan mampu membangun bakatnya dan menutup kekurangannya.
2. Peranan sekolah (satuan
pendidikan) di dalam proses pembelajaran adalah sebagai wahana atau tempat agar
dapat menunjang proses pembelajaran
tersebut khususnya yang bersifat formal, dimana tanpa adanya sekolah proses
pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik.
3.
Usaha yang harus ditempuh oleh seorang guru dalam memotifasi serta melakukan
penilaian terhadap siswa adalah, sebagai berikut :
Guru
ikut terlibat dalam kehidupan siswa
Salah
satu bukti bahwa guru mengasihi siswanya adalah dengan melibatkan dirinya di
dalam kehidupan sisiwa. Ini akan memberikan ruang waktu bagi guru untuk
siswanya guna mendengarkan keluh kesah mereka. Dengan tindakan ini guru sudah
berhasil merebut hati siswanya sehingga memudahkannya menanamkan motifasi
terhadap sisiwanya.
Guru
menjadi idola siswa berkaitan dengan sikapnya di kelas
Sikap
guru harus menjadi panutan atau taladan yang baik bagi siswanya, dimana sikap
guru yang baik akan dijadikan idole oleh siswa sehingga usaha guru untuk
memotivasi siswanya akan menjadi lebih mudah
Ciptakan
suasana belajar yang menyenangkan
Menciptakan
suasana belajar yang menyenangkan tidak terlepas dari persiapan giru yang
matang sebelum tampil di hadapan siswanya. Dimana seorang guru harus menyiapkan
model pembelajaran, strategi pembelajaran serta tehnik penyampaian materi yang
menarik perhatian sekaligus merangsang siswanya untuk belajar.
Tehnik
mengajar guru harus menarik
Disini
seorang guru haruslah mampu menerapkan metode mengajar yang sangat menarik bagi
siswanya, sehingga siswanya tersebut dapat terangsang ataupun termotifasi untuk
belajar.
Menghargai
hasil pekerjaan siswa
Seorang
guru harus menghargai hasil pekerjaan siswa serta guru harus memberikan pujian
terhadap terhadap prestasi mereka, sehingga penilaian yang akan diberikan akan
menjadikan motifasi untuk mereka.
Menciptakan
sussana persaingan yang sehat antar siswa
Guru
harus menciptakan suasana persaingan yang sehat diantara siswanya, dengan cara
memberikan obyektifitas dalam setiap evaluasi yang dilakukan dengan memberikan
suatu prestasi, karena prestasi seorang teman akan memotifasi teman yang
lainnya.
Melihat
cara mengajar guru dari kacamata siswa
Tak
jarang seorang guru merasa sudah maksimal dalam melaksanakan proses
pembelajaran, namun hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang
diharapkan. Untuk itu guru memerlukan mendapat dari siswanya, guna mengetahui
titik kelemahan dan kekurangannya. Sehingga data yang diperoleh tersebut dapat
digunakan nantinya dalam proses pembelajaran yang juga akan dapat momotifasi
siswa untuk belajar.
4.
Informasi dalam penilaian adalah pengumpulan dan pengolahan data untuk
memberikan keterangan atau pengetahuan, agar nantinya dapat digunakan untuk
menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
1 komentar:
Coin Casino Bonus Codes December 2021 | Get $300 Free
No 메리트 카지노 주소 Deposit Bonus Codes — What is a No Deposit 바카라사이트 Bonus? — How do I get $300 인카지노 Free. A no deposit bonus is a type of bonus, but is it a casino bonus? What is a no deposit bonus? What is a
Posting Komentar